Mig33 Info News

Kamis, 31 Maret 2011

Diposting oleh orochiyoyo


Dalam mata kuliah saya yaitu Sistem Informasi Psikologi. Dosen memberikan arahan dan pembelajaran tentang apa sih hubungannya psikologi dengan teknologi informasi ??? nah menurut pendapat saya teknologi informasi itu berhubungan dengan semua aspek dalam kehidupan kita sehari hari, tidak hanya di dunia profesi psikologi saja. Contoh simpelnya ketika kamu chating mig33, maka otomatis kamu sudah masuk dalam dunia teknologi informasi. Sms, telpon , facebook, dll itu semua tak lepas dari teknologi dan sistem informasi. Ok dalam artikel tugas kali ini saya akan menjelaskan rincian hubungan antara apa itu ilmu psikologi, teknologi informasi, dan hubungan antara kedua ilmu tersebut. Baca artikel selengkapnya klik di sini aja bro


Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari segala bentuk perilaku manusia dan proses mentalnya, sedangkan psikolog merupakan orang yang membantu mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan perilaku manusia berdasarkan teori-teori psikologi yang dipegangnya dan menginterpretasikan hasil dari tes-tes psikologi. Oleh sebab itu, sebagai psikolog, komunikasi merupakan hal yang sangat penting. Selain untuk berinteraksi dengan subjek atau klien, komunikasi pun dalam dunia psikologi dapat memahami perilaku subjek yang tampak.

Teknologi informasi merupakan suatu istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Teknologi informasi pun bekerjasama dengan disiplin ilmu lain, dengan teknologi informasi secara psikologis membantu manusia nyaman dalam melakukan pekerjaannya. Teknologi informasi menjadi fokus perhatian untuk menghasilkan informasi yang berkualitas dan membantu manusia dalam aktivitasnya sehingga banyak sarana atau alat-alat yang tercipta untuk kepentingan umum berdasarkan prinsip tersebut, sehingga teknologi informasi sangat bermanfaat bagi semua bidang, termasuk psikologi.

Psikolog dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya erat berhubungan dengan teknologi informasi. Contohnya seperti dalam hal psikolog membutuhkan informasi tentang terapi yang akan digunakan untuk kliennya, selain melalui literatur buku. Psikolog juga dapat men-searching melalui browser sehingga informasi yang dibutuhkan dapat langsung didapatkan, ataupun bergabung dalam forum psikologi untuk saling bertukar pendapat pada para ahli.

Teknologi informasi juga dapat membantu tugas Psikolog dalam pemeriksaan psikologis dan penentuan hasil dari pemeriksaan psikologis. Untuk melihat kecemasan seperti phobia pun dibutuhkan alat-alat dan teknologi seperti alat deteksi jantung. Ada juga alat yang berasal dari ilmu teknologi informasi seperti alat pembaca sidik jari untuk mengetahui pola minat dan bakat anak-anak, sehingga orang tua bisa mengembangan pola minat dan bakat anaknya dengan mengikutkan anaknya pada kursus tertentu.

Jadi dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi berhubungan erat dengan dunia profesi psikologi dalam sudut pandang sosial, kedua ilmu tersebut sama-sama membantu manusia dalam kehidupannya. Dalam prakteknya, psikolog pun membutuhkan teknologi informasi dalam profesinya membantu klien.

Artikel ini di susun oleh : Satria Puja Rhama 4 PA 02

0 komentar:

Posting Komentar

Administrator
Foto saya
Satria.P.R Universitas Gunadarma (PSIKOLOGI S1) Tester Lab Psikologi test pauli and rorschach My Home in BOGOR and Me has Fiance With Putri Anindah. Join and Chat on My Room "Anime people" With Share All About Info, Tips, Trik Mig33 Others Laugh Every Day and Have Fun People.
Orochiyoyo
Download Tools Mig33

Download Tools Mig33 For PC

Comment

ShoutMix chat widget
Translator
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Rss Site Update

SMS Gratis Ke Semua Operator

Info Update Berita Terkini

Download Software PC

Mig World
Blog Archive
free counters
Friend Link